Memulai Layanan Katering yang Sukses

Permintaan akan layanan katering kini meningkat secara eksponensial di kota-kota besar seperti Jakarta. Selain memberikan potensi keuntungan yang layak, menjalankan bisnis ini juga cocok untuk mereka yang memiliki hobi memasak.

Photo By Katarzyna Pracuch

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan agar layanan katering Anda dapat menghasilkan keuntungan yang layak. Untuk membantu Anda memulai bisnis katering yang sukses, kami akan merangkum apa yang harus disiapkan di bawah ini:

1. Tetapkan target pasar
Meningkatnya kesadaran akan pentingnya makanan sehat adalah salah satu alasan utama layanan katering. Orang yang menginginkan menu untuk mendukung program diet mereka, menu khusus untuk vegetarian, atau menu untuk olahragawan.

Dengan menentukan target pasar, akan lebih mudah menyesuaikan berapa banyak dana yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis. Misalnya menyiapkan makanan untuk karyawan kantor lebih mahal daripada untuk siswa.

Bagi pemula terutama yang tidak memiliki dana besar, tidak ada salahnya untuk menargetkan pasar yang lebih kecil. Ketika sudah memiliki pelanggan reguler, Anda dapat memperluas dan menawarkan bisnis Anda ke kantor dan sejenisnya.

2. Lakukan penelitian
Penelitian adalah hal terpenting yang harus dilakukan sebelum menjalankan bisnis. Penelitian ini termasuk memantau pesaing, menemukan pemasok, dan memantau harga pasar.

3. Siapkan modal dan peralatan
Anda membutuhkan modal untuk menyewa tempat, membeli peralatan masak, membayar gaji karyawan, dan membeli bahan-bahan untuk menjalankan bisnis katering.

Persiapan sebelumnya juga berguna jika Anda berencana untuk meminta pinjaman dari bank. Dengan menggambarkan penelitian dan dapat memproyeksikan laba bulanan, Anda bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah.

4. Merekrut karyawan
Ketika memulai layanan katering Anda sendiri, mungkin dapat menjalankan bisnis sendiri atau dengan bantuan keluarga. Tetapi ini tidak terjadi jika Anda ingin melayani klien besar seperti kantor atau acara pernikahan.

Pada level ini Anda membutuhkan orang lain untuk membantu memenuhi permintaan pelanggan, seperti memasak, mengemas makanan, dan pengiriman.

Layanan katering cukup fleksibel dalam hal rekrutmen karyawan. Intinya jika Anda mulai kewalahan dalam memasak, tambahkan lebih banyak orang untuk membantu memasak. Jika tidak punya waktu untuk mengirimkan makanan, tambahkan karyawan dan armada untuk memfasilitasi pengiriman. Iklankan layanan katering Anda secara gratis di Tokona.com